RSS
Write some words about you and your blog here

ALL ABOUT BETAWI

Hai Kepowers...

Gak tau kenapa kali ini gw lagi semangat banget buat nge-blog. Otak gw udah terasa sesak dipenuhi banyak inspirasi - inspirasi yang harus gw tuangkan (halah...). Baiklah, dari pada gw keterusan curhat, mending saatnya gw menumpahkan inspirasi gw ini.

Postingan gw kali ini, gw mau ngebahas tentang sejarah kebudayaan betawi. Kepowers adakah yang orang betawi? Kebetulan nih aye orang betawi. Aye kaga tau banyak sih sejarah tentang betawi, cuman aye browsing - browsing aje ntuh di engkong gugel. Aye penasaran aje sih, gimane sih kebudayaan betawi nyang sebenernye. (Loh, kenapa logatnya jadi betawi gini yak? Haha)

Gw pernah nonton disalah satu acara televisi di stasiun tv swasta, membahas tuntas tentang betawi, dan yang menjadi bintang tamunya adalah seniman asal betawi, yaitu encang Mandra.

Menurut encang Mandra, betawi itu awalnya ga ada. Betawi itu cuma keturunan. Jamannya penjajahan dulu kan Jakarta banyak pendatangnya. Entah itu dari Jawa, Sunda, Palembang, Lampung, dari luar juga Belanda, Portugis, India, Arab, dan China. Nah orang - orang yang menetap di Jakarta itulah akhirnya mereka menemukan cinta sejatinya (bahasa anak sekarang begitu) dan akhirnya menikah sampai memiliki anak. Karena anaknya lahir di Jakarta, besar di Jakarta, dan sampai melahirkan cucu dan cicit pun di Jakarta, maka mereka menganggap diri mereka orang Jakarta atau orang betawi. Yaa bisa disebut juga sih orang betawi itu berasal dari pernikahan antaretnis. Dari cucu ke cicit ke cicitnya lagi meganggap mereka adalah orang betawi, karena nenek mereka lahir di tanah betawi. Jangan - jangan gw ada keturunan Portugis lagi? atau Belanda gitu? Hahaha.

Bahasa yang digunakan oleh orang Betawi sama saja seperti Bahasa Indonesia, hanya ada perbedaan sedikit saja. Tapi menurut gw bahasa betawi itu unik, apalagi kalo diucapkan sama orang betawinya langsung, logatnya itu loh tiada duanya. Hehehe. Tapi jangan heran kalau ngomong sama orang betawi. Orang betawi itu kalau ngomong emang nadanya agak keras, emang udah logatnya seperti itu. Jadi jangan pernah beranggapan orang betawi itu pada judes, pada keras, dan lain - lain. Orang betawi itu baik - baik kok. Cuma jangan macem - macem sama mereka, nanti dibawain golok loh. Haha.

Makanan khas betawi banyak macemnya. Ada gado - gado, sayur pucung, sayur godog, pesor, soto babad betawi, asinan betawi, oblok betawi, dan masih banyak lagi. Mungkin kepower semua banyak yang bertanya - tanya ya, pesor apa sih? Pesor itu hampir sama kaya lontong, cuma bentuknya aja yang beda. Kalo lontong kan bentuknya panjang, nah kalo pesor bentuknya lebar kaya bantal. Trus dalam perebusannya antara pesor yang satu dengan pesor yang satunya lagi diiket. Ngerti kan ya maksudnya. Nanti kalo ga ngerti, ga kasih gambarnya deh kalo nenek gw masak pesor. hehe. Terus, oblok itu apa? Oblok itu penampilannya hampir sama kaya opor ayam. Tapi bedanya oblok itu bumbunya super pedas, trus juga ga cuma olahan ayam aja, ada oblok bebek, dan oblok nila / entog.

Cemilan - cemilan khas betawi juga ga kalah banyak. Ada kue cucur, kue rangi, kue talam, kue kelen, kue kembang goyang, kerak telor, sengkulun, putu mayang, andepite, kue ape, kue cente manis, kue pepe, kue dongkal, kue geplak, dodol betawi, dan roti buaya. Roti buaya ini biasanya digunakan sebagai simbol dalam pernikahan adat betawi. dari kue - kue diatas, sekarang sudah banyak yang susah dicari. Yang paling gampang ditemui sekarang yaitu kue cucur dan dodol betawi. Sedangkan kerak telor paling banyak dijual kalau lagi ulang taun jakarta, biasaya di PRJ (Pekan Raya Jakarta) berjejer tuh pedagang kerak telor disepanjang pinggir jalanan Kemayoran.

Kepowers, mungkin itu dulu aja kali yaa gw share tentang Betawinya. Sebenernya masih banyak lagi seputar betawi yang harus gw bahas. Tapi karena waktu yang terbatas, gw cuma bisa membahas ini dulu aja. Lain kali akan gw update lagi bahasan tentang betawi.

Terima kasih bebep kepowers :*

0 komentar:

Posting Komentar