RSS
Write some words about you and your blog here

Masjid Putih di Sunter (Masjid Ramlie Musofa)

Assalamu'alaikum Kepowers...
Hari ini gue agak sedikit religius yaa. Haha.
Karena gue akan ngebahas tentang sebuah masjid yang terletak gak jauh dari danau Sunter, Jakarta Utara.


Masjid yang memiliki cat berwarna putih ini bernama Masjid Ramlie Musofa. Masjid ini dijuluki oleh sebagian warga Indonesia sebagai replika Taj Mahal yang ada di India. Dari luar memang masjid ini luar biasa bagusnya. Gue pun penasaran pengen tau gimana sih dalemnya masjid ini. Setiap pulang kerja gue selalu melewati masjid Ramlie Musofa. Kebetulan pas adzan maghrib berkumandang, gue memutuskan untuk mampir sebentar ke masjid tersebut.
Setelah memarkirkan kendaraan beroda dua gue, langsung aja gue memasuki gerbang yang terbuka hanya sedikit, sebatas orang berjalan saja. Ternyata dibalik gerbang masjid tersebut ada beberapa orang satpam yang siap menyambut kedatangan kita. "Assalamu'alaikum mba... Silahkan masuk dan boleh ambil wudlu disebelah sana" kata salah satu bapak security sambil menunjukkan arah dimana seharusnya tempat wanita berwudlu.

Wah ini masjid dijagain sama banyak satpam, emang ada apa sih isinya? Kok penjagaannya ketat begitu. Biasanya kan masjid - masjid hanya dijaga oleh seorang marbot saja.

Gue masuk menuju tempat wudlu wanita. Subhanallah... Tempat wudlunya nyaman banget, Kepowers. Tempat wudlunya disediakan tempat duduk permanen, jadi kita wudlu sambil duduk gitu. Dan gak kalah uniknya, ditempat wudlu terdapat ornamen keramik kaligrafi yang berisi doa sesudah berwudlu beserta artinya. Allahu Akbar.

Kekaguman gue tidak hanya sebatas pada tempat wudlu saja. Ketika gue masuk ke dalam masjidnya, masya Allah konsep bangunannya bagus banget. Mengusung konsep khas tiongkok, masjid yang terdiri dari 3 lantai ini juga ternyata memiliki lift yang di khususkan untuk jema'ah yang menggunakan kursi roda. Wah mulia sekali yaa yang membangun masjid ini, sampai memikirkan hal yang sedetail itu.

Gue penasaran siapa sih pendiri atau pemilik masjid yang megah ini?
Ternyata masjid ini milik keluarga yang mualaf keturunan tiongkok, Kepowers. Masjid ini dibangun diatas tanah wakaf keluarga mereka. Nama dari masjid ini berasal dari nama keluarga mereka. Ramlie adalah nama si pendiri masjidnya, yaitu bapak Haji Ramlie, dan Musofa adalah singkatan dari ketiga anaknya yaitu Muhammad, Sopian, dan Fabian. Gak banyak yang tau cerita tentang asal usul berdirinya masjid megah ini, karena menurut pak satpam yang berjaga, keluarga pak Haji Ramlie tidak suka di ekspose, takut riya. Waah dermawan sekali ya. Semoga selalu istiqomah dalam iman islamnya ya pak Haji. Aamiin.

Gue rasa cukup sekian informasi yang bisa gue dapet tentang masjid Ramlie Musofa. Bagi kalian yang penasaran langsung aja dateng ke masjid ini.
Oke Kepowers, terima kasih udah bersedia membaca tulisan gue lagi. Semoga bermanfaat bagi kalian , terutama umat muslim. Keep power and stay KEPO!

sumber gambar : dari majalahasri

3 komentar:

Tini Kuslaeni, M.Kom mengatakan...

Alhamdulillaah. Pak Ramlie sdh haji ya, Sofyan jg sdh besar. Ingat dahulu saya selalu datang siang dan pulang malam utk menemaninya belajar di rumah.

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah buguru

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah buguru

Tini Kuslaeni, M.Kom mengatakan...

Alhamdulillaah. Pak Ramlie sdh haji ya, Sofyan jg sdh besar. Ingat dahulu saya selalu datang siang dan pulang malam utk menemaninya belajar di rumah.

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah buguru

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah buguru

Posting Komentar